• +62811-220-2776/ +62811-220-3776
  • daqubandung@sdqi.sch.id
  • Ujung Berung, Bandung, Jawa Barat
KEGIATAN
In House Training Masa New Normal

In House Training Masa New Normal

Daqu Bandung News

Dalam upaya meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan serta persiapan Akreditasi SMP-SMA Daarul Qur’anmenyelenggarakan pelatihan dalam bentuk In House Training di Masjid At-Taqwa Pesantren Tahfizh Daarrul Qur’an Bandung dengan tema meningkatkan profesionalisme guru di era new normal untuk siap menghadapi akreditasi 2021, selasa 21 Juli 2020 pukul 08.00 – 15.00 wib. Pelatihan ini diikuti oleh seluruh seluruh pendidik dan tenaga kependidikan SMP-SMA Daarul Qur’an Bandung.

Kegiatan ini menjadi lanjutan IHT semester genap tahun pelajaran 2019/2020 yang mempunyai tujuan mempersiapkan akreditasi baik di SMP maupun SMA Daarul Qur’an Bandung.

Sebuah sekolah akan bermutu jika terdapat pengakuan dan penilaian dari beberapa pihak yang berwenang yang disebut akreditasi sekolah/madrasah. Pemerintah melakukan akreditasi untuk menilai kelayakan program atau satuan pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan nasional secara bertahap, terencana  dan terukur sesuai Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional BAB XVI Bagian Kedua Pasal 60 tentang Akreditasi dan Permendikbud No. 13 Tahun 2016 tentang badan akreditasi nasional sekolah/madrasah dan badan akreditasi nasional pendidikan anak usia dini dan pendidikan non formal.

In House Training (IHT) merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah sebagai persiapan pendidik dan tenaga kependidikan untuk menghadapi tahun ajaran baru. Satu diantara sekolah yang sudah menerapkan kegiatan IHT yaitu SMP-SMA Daarul Qur’an Bandung.

Kepala Sekolah SMP Daarul Qur’an Bandung, Achmad Fauzi mengatakan diadakannya IHT ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kerja pendidik dalam hal mengajar atau administrasi guru guna mempersiapkan akreditasi 2021.

“IHT menjadi sebuah keharusan yang harus dilaksanakan sebagai upaya meng upgrade diri sebagai seorang pendidik, apalagi dalam kesiapan kita menyambiut akreditasi.” Ungkapnya.

Ditambahkan oleh Kosasih, M.Pd. selaku Kepala SMA Daarul Qur’an Bandung tentang kesiapan sekolah dan pesantren dalam menyambut adaptasi kebiasaan baru (AKB).

“Pesantren sudah berikhtiar untuk menyambut tahun ajaran baru di era new normal segala sarana prasarana di persiapakan guna mengikuti arahan protokoler kesehatan.” Jelasnya.

Sementara itu, H. Asep R. Muttakin, M.M.Pd. pengawas pembina SMA Daarul Qur’an Bandung  dalam sambutanya mengingatkan kembali bahwa kegiatan ini perlu dilakukan dan dilestarikan agar kedepan ketika ada akreditasi sekolah sudah mempunyai gambaran yang riil.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kyai Syafii Damanhuri, M.A. selaku Kepala Biro Keskretariatan Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Bandung menuturkan pentingnya guru dalam pembelajaran. “guru itu harus menjadi sesorang yang di gugu dan ditiru dalamm setiap aktivitasnya”. Pungkasnya. Hal tersebut merujuk dengan visi pesantren Daarul Bandung menjadi lembaga pendidikan Islam yang melahirkan generasi Qur’an yang berakhlakul karimah dan berdaya saing global.

Persiapan dan pelatihan pra akreditasi sangat penting dilakukan, agar nantinya segala sesuatu yang berkaitan dengan dokumen-dokumen yang di nilai di persiapakan dengan baik. Hal tersebut dikupas tuntas oleh pemateri Drs. Dedi Sumiadi, M. M.Pd yang merupakan asesor pengawas SMP Kota Bandung. Dijelaskan oleh pemateri draft instrumen akreditasi satuan pendidikan (IASP) yang menjadi pedoman akreditasi terbaru yang memberikan manfaat dalam persiapan sekolah dalam menyambut akreditasi. (Aan Mizbahuzaman/21/07/2020).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *